Membuat tweening dengan Tweener

tweener

tweener

Kita telah belajar untuk membuat tween pada package bawaan dari flash, sekarang kita akan membuat dengan menggunakan Tweener. Tweener bisa didownload pada http://code.google.com/p/tweener/. Cara setting pada aplikasi sama kayak yang di sini. Tweener merupakan library yang digunakan untuk menganimasikan sama halnya class Tween pada flash, akan tetapi memiliki banyak kelebihan, diantaranya jenis animasi lebih banyak, mendukung pause, resume tween, animasi tweening warna.

Ok, lets begin… 😀 Baca lebih lanjut

Iklan

Mengekspor Papervision3D, Sandy3D dari Blender

Papervision3D and Blender

Papervision3D and Blender

Blender merupakan tool yang bersifat open source dan freeware, oleh karena itu banyak sekali plugin yang sedang dikembangkan maupu sudah dikembangkan, antara lain untuk mengekspor ke kode ActionScript.

Pertama, kita download file python-nya di sini.

Ekstract file .zip tadi ke :

  • Windows: /Blender Foundation/Blender/.blender/scripts/ (Blender .2.46: C:\Documents and Settings\<username>\Application Data\Blender Foundation\Blender\.blender\scripts)
  • Mac: /Applications/blender/blender.app/Contents/MacOS/.blender/scripts/ Baca lebih lanjut

Me-load model KMZ hasil Google Sketchup pada Papervision3D

Google Sketchup

Google Sketchup

Google sketchup selain mengexport file *.kml, juga dapat mengeksport file *.kmz, kmz adalah file kml yang terpaket menjadi satu. Mungkin bila kita buka file kmz dengan notepad, maka kita dapat melihat ada file dengan ekstensi .dae di dalamnya, lha.. itu yang menjadi model collada di dalam file kmz. 🙂

Papervision3D update terbaru saat ini sudah memiliki fitur untuk meload file KMZ, selain file KMZ, papervision3D juga dapat menampilkan file ASE, DAE, dan MD2.

Class KMZ secara OOP, meng-inherit dari class TriangleMesh3D, sedang TriangleMesh3D memiliki subclass Arrow, Ase, Cube, Cylinder, KMZ, MD2, PaperPlane, Plane, Skin3D, Sphere.

Source Code : Baca lebih lanjut

Membuat Carrousel 3D dengan papervision3D

papervision

papervision

Baru aja nyoba membuat carrousel / komedi putar dengan papervision3D hasilnya bisa dibilang lumayan lah *narsis mode on* :D.

Project ini dibuat dengan Flex builder 3, jadi harus punya tuh flashnya, kalo udah tau bisa di-convert sendiri ke flash CS 3 / 4.

Di sini foto2 diload dari file.xml ,jadi saat runtime program membaca isi dari file xml kita. Kelebihan dari load file xml yaitu jika kita sewaktu-waktu ingin mengganti banyaknya foto yang diload atau ingin mengganti foto, maka kita tidak susah-susah mengganti kode program. 😉

Berikut adalah listing programnya : Baca lebih lanjut

Cara Setting Library Papervision3D di Flash CS3/CS4

papervision

papervision

Agar kita bisa menggunakan papervision di setiap saat kita membuka flash CS3/CS4 kita perlu untuk menyetting path-nya, caranya sangat mudah, terlebih dahulu kita harus mendownload papervision3d dari code.google.com dengan cara seperti di sini, misal kita menyimpannya di D:\papervision, maka coba buka D:\papervision\as3\tags\1_7\src , nah disitu letak library yang kita butuhin.. 😉

Sekarang buka flash CS4-nya..

Terus pilih menu Edit, terus pilih Preference, setelah itu akan muncul tampilan untuk memasukkan pathnya, langsung aja masukin lokasi papervision tadi (D:\papervision\as3\tags\1_7\src).

Beres dah.. Simpel banget kan ??? 😀

Cara mendownload Subversion di code.google.com

tsvn_logo

Subversion merupakan salah satu cara penyimpanan pada server yang biasanya memerlukan update secara berkala. Salah satu website yang menggunakan subversion yaitu code.google.com. Kelebihan bagi para pengguna/developer terhadap resource tujuan yaitu jika sewaktu-waktu ada update, maka kita langsung mengambil/mendownload file yang baru saja, dan ini tentunya akan menghemat bandwidth kita.

Salah satu subversion client adalah TortoiseSVN, software ini bersifat gratis (freeware) dan bisa didownload di situs resminya : http://www.tortoisesvn.net/ .

Setelah download dan install selesai, penggunaannya yaitu klik kanan folder yang ingin kita jadikan tempat penampungan file, lalu pilih SVN Checkout. Baca lebih lanjut

ffilmation – Engine Flash AS3 untuk buat Game Isometric

logo ffilmation

logo ffilmation

Selain tonypa yang menggunakan AS 1.0, ffilmation menyediakan sebuah library / engine untuk membuat game isometrik. Game isometrik adalah game yang tampak dari atas tetapi agak condong ke bawah sehingga terlihat miring.

Game Engine ini bersifat gratis, sehingga kita bisa bebas menggunakannya :D. Selain itu engine ini bersifat opensource dan memenuhi lisensi dari MIT. Baca lebih lanjut