Cara Menghasilkan Uang dari Membuat Game


Pohon Uang

Pohon Uang

Penghasilan dari game saat ini meningkat tajam, mungkin hal tersebut belum dapat kita rasakan secara langsung karena game dianggap masih belum sepopuler di luar negeri. Secara harga, Indonesia masih memiliki harga beli yang rendah untuk soal software, apalagi game, namun hanya orang-orang yang tergolong kategori maniak pasti akan rela mengeluarkan uangnya untuk membeli game asli karena ada kepuasan tersendiri saat membeli secara legal.

Yang akan saya bicarakan adalah mengenai beberapa cara yg bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari game. simak ya🙂

Menjual Game ke Market

Cara ini adalah cara yang banyak dilakukan developer-developer terutama indie (independent) yang mungkin masih belum terlalu dikenal, meski banyak juga publisher-publisher sekelas Gameloft. Sistem yang digunakan adalah sistem bagi hasil, biasanya ada persentase antara pemilik market dan pembuat game yaitu rata-rata sekitar 70:30. Jadi pemilik market akan mendapatkan 30% dari penjualan game sedangkan 70% akan masuk ke kantong pembuat game. Sisi baik dari penjualan jenis ini adalah secara terus-menerus kita akan mendapatkan uang (tidak hanya sekali mendapat uang). Game yang ditawarkan di sini hanya untuk game yang ukurannya termasuk downloadable.

Sistem Iklan

Banyak dari kita yang pasti sudah pernah bermain game Angry Birds. Sistem yang digunakan dalam game ini adalah sistem Pay Per Click. Sehingga Rovio sebagai developer dari Angry Birds akan selalu mendapatkan dolar walaupun game yang ia tawarkan adalah game gratis. Untuk game flash kita dapat menggunakan Mochi Ads, yang kadang kita melihat di preloader dari sebuah game flash.

Sistem Sponsorship

Sistem ini menurut saya tidak banyak developer game tahu bagaimana mengenai sistem ini. Cara kerja sistem ini sangat sederhana, misalkan kita membuat sebuah game flash. Kemudian kita mencari publisher game terkenal, katakanlah armorgames.com atau kongregate.com. Lalu kita mengirim game kita dan mengatakan bahwa kita ingin diberi sponsor. Jika mereka menyetujui, maka kita akan diberikan uang yang sesuai kesepakatan, dan mereka mewajibkan game kita agar didalamnya terdapat logo dari publisher tadi.

Sistem Item Mall

Sistem ini banyak diadopsi oleh game-game online. Misalnya untuk membeli sebuah baju pada game itu dan kita kekurangan uang di game itu, kita dapat membeli ‘uang’ tersebut dengan uang kita. Jadi, istilahnya membeli ‘uang di dunia maya’ dengan uang beneran. Namun tidak hanya kita dapat membeli ‘uang’, namun banyak game yang menawarkan skill, item special, pet special, map special dan masih banyak lainnya.

Menawarkan ke Pasar

Sistem ini adalah sistem yang standard. Kita jual game ini dalam bentuk CD, kemudian kita pasarkan pada pembeli-pembeli. Kelemahan dari produk ini adalah mudah untuk dibajak, meskipun kita sudah memberikan proteksi semaksimal mungkin. Jadi, sebaiknya untuk tidak membuat sistem ini karena situasi yang tidak mendukung di negeri ini.🙂

Dari kesekian itu tadi hanya bisa dilakukan jika game kita berfungsi sebagai sebuah produk kita sendiri. Jikalau bukan produk biasanya akan berresiko.🙂

3 thoughts on “Cara Menghasilkan Uang dari Membuat Game

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s