Perkembangan Game Online Di Indonesia


Nexia Game

Nexia Game

Indonesia sebagai bangsa yang memiliki penduduk banyak tentunya cocok jika dijadikan sebagai pasar game online asing. Hal itu disebabkan orang Indonesia cenderung mengikuti trend yang muncul dan kemudian hilang. Awalnya game online di Indonesia dimulai oleh game Nexia pada tahun 2001. Nexia merupakan game online pertama yang sangat populer karena saat itu belum ada game online yang booming di Indonesia pada waktu itu. Sayapun sempat melihat orang yang sangat menyukai game tersebut, tapi menurut saya game itu sangat payah karena grafisnya hanya 2 dimensi dan pergerakannya sangat dibatasi layaknya game RPG biasa.

 

Namun seiring teknologi semakin maju, muncullah game yaitu Ragnarok Online, game ini saat itu sampai sekarang dibawa oleh PT. Lyto dan menjadi game yang terbaik pada saat itu. Pemainnya pun sangat banyak, mulai dari SD hingga anak kuliahan. Efek yang ditimbulkan Ragnarok Online bagi pembuat game lainnya yaitu semuanya seakan-akan ingin membuat game 3 dimensi yang lebih baik dari pada Ragnarok sendiri, sehingga setelah itu muncul game-game seperti Real Force (RF), Seal Online, Gunbound dan masih banyak lagi. Ada lagi yang sempat booming yaitu Counter Strike, karena tidak semua orang menyukai tipe permainan MMORPG (Multiplayer Massive Online Role Playing Game). Hingga saat ini jumlah pemain Counter Strike berkurang karena sempat terjadi permasalahan pada lisensi dan para pemain mulai pindah menggunakan game sejenis yaitu Point Blank yang ramai digunakan saat ini.

Nusantara Online

Nusantara Online

Dengan banyaknya jenis game asing yang beredar di Indonesia, maka sebuah game studio dalam negeri menciptakan sebuah game MMORPG bernama Nusantara Online atau yang biasa disebut Nusol. Cerita di dalam game Nusol menyibak cerita-cerita nusantara lama, seperti zaman kerajaan, zaman agama Hindu dan Buddha yang saat itu sedang marak beserta budaya yang ditonjolkan pada game tersebut. Menurut saya hal ini merupakan sebuah prestasi yang layak didukung dengan sepenuhnya oleh bangsa ini. Jika memungkinkan, budaya Indonesia dapat disebarkan agar dapat dikenal oleh seluruh dunia.

Di zaman yang semakin canggih ini tentunya banyak sekali jenis game dan jenis platform yang bisa dikembangkan. Misal membuat sebuah game di facebook, di ponsel, di komputer, bahkan menggunakan perangkat seperti Play Station, Nintendo Wii dan XBox.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s