Bake Ambient Texture pada Blender


hasil jadi

hasil jadi

Blender merupakan tool yang sangat powerful untuk membuat sebuah objek 3 dimensi. Kali ini kita akan membuat sebuah objek yang memiliki tekstur ambient. Maksud dari ambient ini adalah mengatur pencahayaan (shading) terhadap suatu objek agar objek 3d tersebut seolah-olah hidup.

Jika kita bandingkan kedua gambar di bawah ini, yang tempak lebih realistis adalah yang kanan.

ambient (sumber : wikipedia)

ambient (sumber : wikipedia)

Sedang yang kiri adalah objek sebelum kita beri tekstur.

Sekarang kita mulai untuk membuatnya🙂

  • Seperti biasa, buka blender😉
  • Buat sebuah monyet di tengah layar, dengan cara menekan spasi -> Add -> Mesh -> Monkey.

    menambahkan monyet

    menambahkan monyet

  • Setelah itu kita masuk ke edit mode (TAB), kemudian pilih semua titik / garis / mesh dengan menekan A.

    select all

    select all

  • Kemudian unwrap dengan menekan U kemudian pilih Unwrap smart projection, hal ini dilakukan untuk memproyeksikan menjadi tekstur dalam bentuk 2D.

    unwrap smart projection

    unwrap smart projection

  • Kemudian split jendela blender kita menjadi 2.

    split

    split

  • Pada jendela bagian kanan, ganti menjadi UV/Image Editor, maka kita dapat lihat hasilnya😀

    3D and UV

    3D and UV

  • Masih pada jendela kanan, kita buat sebuah gambar kosong dengan cara klik menu image -> new.

    new image

    new image

  • Kemudian kembali pada jendela bagian kiri, ganti dari Edit Mode ke Texture Paint.

    texture paint

    texture paint

  • Pilih Draw Type-nya menjadi Textured.

    draw type

    draw type

  • Kita gambar sesuai keinginan kita ;)), Jangan lupa, simpan texturenya dengan image -> save.
  • Kemudian kembali ke jendela bagian kanan, simpan texture yang sudah kita gambar tadi dengan nama tex_monyet.png.
  • Sekarang kita akan ke bagian terpentingnya, yaitu Baking. Caranya yaitu Pilih button scene, maka di situ akan ada render, anim, bake dan lainnya. Sekarang kita pilih bake dan opsinya pilih Ambient Occlusion.
  • Tunggu Prosesnya….
  • Akhirnyaa… jadi juga… eits… belum semua jadi, sekarang kita simpan gamba hasil bake tadi namun beri nama yang berbeda, misal tex_monyet_ambient.png.

    hasil-bake

    hasil-bake

  • Kita edit kedua gambar tersebut di photoshop, beri multiply untuk gambar hasil bake tadi.

    edit-di-photoshop

    edit-di-photoshop

  • Kita replace gambar monyet di blender dengan hasil editan photoshop kita😀
  • Jadi deh…😉

One thought on “Bake Ambient Texture pada Blender

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s