Migrasi dari AS 2.0 ke as 3.0


 

migrasi yuukk...

migrasi yuukk...

Keliatannya agak sedikit sulit kalo kita sudah enjoy dengan sesuatu, seperti halnya kita sudah mengenal actionscript 2.0 dan mencoba selingkuh ke actionscript 3.0 :Dv. Pada dasarnya kita ingin migrasi atau nggak itu hak kita, jadi kalo misalnya kita pingin migrasi ke actionscript 3.0, ada beberapa syarat yang mutlak harus dipenuhi, yaitu

 

mengenal OOP

OOP atau kepanjangan dari Object Oriented Programming, bahasa Indonesianya “Pemrograman Berbasis Obyek”, bagi kita yang sudah meng-coding Java, pasti sangat mudah untuk mempelajari Actionscript 3.0.

Kenapa Kok Migrasi ??

Hmm… pertanyaan yang sulit dijawab, tapi akan saya jawab menurut pendapat saya sendiri.

Pertama, katanya yang bikin AS 3.0, performanya lebih cepet 100x ketimbang versi yang sebelumnya. Terbukti saat saya membuat game dengan banyak object yang bergerak, performanya masih bagus (nggak nge-lag).

Kedua, mengubah sistemnya menjadi standard. Nah, maksudnya kalo orang yang baru mengenal AS 3.0 trus bisa OOP, pasti gampang banget.

Oke, kita mulai ya..

Ingat, pastikan diri ini mantap untuk berpindah, kalo belum mantap jangan putus dulu ya…😀

  • Pada AS 3.0 dikenal sistem class, dan setiap file harus disertai tulisan package.
    package{
    	import flash.display.Sprite;
    
    	public class MyGame extends Sprite{
    		public function MyGame(){
    			var test:Number = 0;
    		}
    		public function getGame():MyGame{
    			return this;
    		}
    	}
    }

    Syntaxnya hampir sama seperti java, cuma syntax untuk function, variable dan return type agak berbeda.

  • Di actionscript 3.0 tidak ada fungsi random(x), yang ada yaitu Math.random()*x, Math.random() menghasilkan nilai antara 0 sampai 1, jika dikalikan x maka hasilnya antara 0 sampai x.
  • Pada AS 2.0 pada property syntaxnya terdapat garis bawah, misal _x, _xscale, _rotation, namun untuk AS 3.0 semua diubah menjadi x, scaleX, rotation.
  • Ukuran dari property pada AS 2.0 yaitu antara 0 – 100, sedangkan pada actionscript ukuran tersebut diganti menjadi 0 – 1, maksudnya yaitu 0 untuk 0% dan 1 untuk 100%. Implementasi : my_mc.scaleX = 0.5;
  • Untuk setiap definisi variabel pada AS 3.0 harus menuliskan var
    var movieClip
  • Untuk fungsi sangat menarik sekali, kita dapat mengosongkan nilai dari parameter jika kita menentukan nilai defaultnya
    function test(a:Number,b:Number=null):void{
    
    }
    test();//akan terjadi error
    test(1);//bisa dilakukan
    test(1,2);//bisa dilakukan
  • Dynamic parameter, maksudnya kita bisa memberi parameter sebanyak yang kita mau
    function test(a:Number, ...b):void{
    	trace(b.length);
    }
    test(1,"halo","dunia","ku");
  • Fungsi eval ditiadakan😦, sebagai gantinya kita bisa memaksa layaknya fungsi eval yang sudah ada di AS 2.0.
    myObj.x = 1;
    //sama dengan
    myObj["x"] = 1
  • Untuk setiap class yang digunakan, kita perlu untuk mengimport package class tersebut, hal ini penting, karena kita dapat menghemat ukuran file agar tidak terlalu besar.
  • Untuk menambahkan event kita harus menggunakan cara baru, menurut saya agak lama dalam menuliskannya, tapi mungkin itu standard yang digunakan untuk pemberian event pada Objek.
    //AS 2.0
    myMc.onEnterFrame = loop;
    function loop(){
    }
    //AS 3.0
    myMc.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,loop);
    function loop(event:Event){
    }
  • Sekarang trace dapat memiliki lebih dari satu parameter😀
    trace(a,b,c);//menghasilkan : 1 2 3

Hmm…
kayaknya udah cukup deh kalo mengenai dasarnya.😉

Selamat bermigrasi😀

6 thoughts on “Migrasi dari AS 2.0 ke as 3.0

  1. Ping balik: Belajar Actionscript 3.0 ? hmm… : Flash Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s