Tutorial UV Mapping dengan Blender


blender splash screen 2.49a

blender splash screen 2.49a

Wah, udah lama nih nggak posting, soalnya HP lagi macet, jadi gak bisa ngenet sementara😦. OK, kali ini saya mau kasih sedikit tutorial mengenai UV Mapping, hmm.. makanan apa tu ?😀. UV Mapping menurut definisi dari wikipedia :

UV Mapping adalah suatu proses pemodelan 3D membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D. Peta mengubah objek 3D ke gambar dikenal sebagai tekstur. Berbeda dengan “X”, “Y” dan “Z”, yang merupakan koordinat untuk objek 3D asli dalam ruang modeling, “U” dan “V” adalah koordinat obyek yang berubah. Hal ini menciptakan efek lukisan gambar ke permukaan objek 3D.

Jadi intinya kita membuat tekstur untuk gambar 3D yang akan kita buat.😀

Baik, kita mulai ya..🙂

  1. Buka Blender kita, di sini saya kebetulan menggunakan versi 2.49a, lebih baik download untuk versi terbaru di http://www.blender.org.
  2. Kita akan melihat kotak di tengah secara default, kotak ini yang akan kita utek2.😉

    gambar kotak

    gambar kotak

  3. Kita dapat memutar view kotak yaitu dengan menekan tombol scroll yang ada pada mouse, biasanya disebut Middle Mouse Button (MMB).
  4. Sekarang kita sebenarnya berada pada mode objek (Object Mode), jika kita ingin men-switch ke Edit Mode, kita tekan tombol TAB pada keyboard.

    edit mode

    edit mode

  5. Kemudian jika belum terpilih maka select all dengan menggunakan tombol A atau AKEY, jika sudah terpilih (warna ungu), maka tidak perlu menekan A. Tombol A digunakan untuk Select / deselect All.
  6. Lalu kita tekan tombol U atau UKEY, maka akan muncul menu Unwrap, pilih Unwrap (Smart Projections), maka akan muncul dialog, klik OK saja.😀

    dialog unwrap (smart projections)

    dialog unwrap (smart projections)

  7. Lalu klik pada tengah atas panel hingga muncul tanda panah, lalu klik kanan dan Split Area, hal ini digunakan untuk membagi Workspace menjadi 2 bagian.

    split areas

    split areas

  8. Kemudian pilih window type di bagian kiri tiap panel bagian kiri dan ubah menjadi UV/Image Editor.

    uv-image-editor

    uv-image-editor

  9. Maka hasilnya akan tampak 6  kotak yang saling berjajar.
  10. Pilih menu Image -> New pada UV/Image Editor Window, klik OK
  11. Kembali ke window utama (sebelah kiri), ganti mode dari Edit Mode menjadi Texture Paint.

    texture-paint

    texture-paint

  12. Setelah itu kita akan melihat kotak tersebut berwarna hitam, sekarang kita bisa mengecatnya, caranya kita menuju Mini-Windows yang bernama Paint, Mini-Windows adalah jendela2 kecil yang fungsinya sebagai control panel, diantaranya dengan Judul Link and Materials, Mesh, Paint, Multires, dll.
  13. Kemudian kita pilih warna putih, kita bisa mengatur besarnya brush misal Opacity, Size, Fallof, dan Spacing.
  14. Kemudian jika sudah selesai mengecatnya, kita menuju ke Material Button pada Panel Shading, kemudian aktifkan TexFac, hal ini digunakan agar saat rendering, tekstur yang tadi kita buat bisa ditampilkan.

    TexFac

    TexFac

  15. Okey… semuanya beres, kita bisa merender model kita dengan menekan F12.

    hasil render

    hasil render

One thought on “Tutorial UV Mapping dengan Blender

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s