Kode penting bagi game flash sederhana


Berikut adalah peristiwa-peristiwa yang biasanya ada dalam game.

Menggerakan sebuah objek.

  • Buat sebuah movieclip dengan nama instance a_mc.
  • Letakkan script berikut pada frame 1 layer 1 :
    _root.onEnterFrame=function(){
    	a_mc._x += 4;
    }
    
  • Tes movie. Maka objek akan terus bergerak ke kanan.

Menggerakkan sebuah objek dengan keyboard.

  • Buatlah sebuah movieclip dengan nama instance a_mc.
  • Letakkan script berikut pada frame 1 layer 1 :
    _root.onEnterFrame=function(){
    	if(Key.isDown(Key.RIGHT)){
    		a_mc._x += 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.LEFT)){
    		a_mc._x -= 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.UP)){
    		a_mc._y -= 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.DOWN)){
    		a_mc._y += 4;
    	}
    	if(a_mc.hitTest(b_mc)){
    		trace("kena");
    	}
    }
    
  • Tes Movie.

Tumbukan dengan objek lain.

  • Buat 2 buah movieclip, a_mc dan b_mc.
  • Script :
    _root.onEnterFrame=function(){
    	//menggerakkan objek
    if(Key.isDown(Key.RIGHT)){
    		a_mc._x += 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.LEFT)){
    		a_mc._x -= 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.UP)){
    		a_mc._y -= 4;
    	}
    	if(Key.isDown(Key.DOWN)){
    		a_mc._y += 4;
    	}
    	//untuk tumbukan
    	if(a_mc.hitTest(b_mc)){
    		trace("kena");
    	}
    }
    
  • Tes movie.

Drag and Drop.

  • Buat sebuah tombol dengan nama instance a_btn.
  • Letakkan script berikut :
    a_btn.onPress=function(){
    	startDrag(this,false);
    }
    a_btn.onRelease=function(){
    	stopDrag();
    }
    
  • Tes Movie.

Objek yang mengikuti mouse.

  • Buat sebuah Movieclip dengan nama instance a_mc.
  • Letakkan script berikut pada Layer1 frame1 :
    a_mc.onEnterFrame=function(){
    	this._x=_xmouse;
    	this._y=_ymouse;
    }
    
  • Tes Movie.

Memanggil objek secara random.

  • Buat sebuah tombol di stage dengan nama instance tombol_btn.
  • Buat sebuah movieclip dengan nama identifier objek_id pada group box linkage.
  • Letakkan script berikut pada frame 1 layer 1 :
    tombol_btn.onRelease=function(){
    	var posisix = random(550);
    	var posisiy = random(400);
    	_root.attachMovie("objek_id","objekbaru",_root.getNextHighestDepth(),{_x:posisix,_y:posisiy});
    }
    
  • Tes Movie.

Membuat timer.

  • Buat sebuah dynamic text pada stage, kemudian beri nama variabelnya dengan nama waktu.
  • Letakkan script berikut pada Layer 1, frame 1 :

    waktu = 60
    intervalWaktu = setInterval(hitungMundur,1000);
    function hitungMundur(){
    waktu–;
    if(waktu<=0){ clearInterval(intervalWaktu); } } [/sourcecode]

  • Tes Movie, maka akan tampil waktu akan dihitung mundur dari 60 dan berhenti pada 0.

5 thoughts on “Kode penting bagi game flash sederhana

  1. mas, kalau misalkan frame 1 ada 2 movie clip.
    bola dan kotak.
    dan di dalam movieClip kotak ada 2 movieClip 1a da 1b.

    terus bola hitTest dengan mc 1a. itu aku pakai hitTest kok gagal terus ya?

  2. mas kalau mau buat random yg hasilnya gak berulang gmn??
    misalnya hasil random pertama 4, hasil random kedua jgn 4 lg..cz kdng2 muncul gitu klo ngerandom yg angka maksimalnya dikit..

  3. mau nanya nich mas, misalnya q ngebuat movieclip trus qhapus n q pke attachmovie buat memnggilnya dari library lalu q buat mc baru ada en didalam mc ada tombolnya. nah yg mau kutanyakan adalah gmna membuat mc yg pke attachmovie bisa digerakkan pke tombol yg ddlam mc baru tadi. please dibantu.thanx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s