Apa itu Spam ???


SPAM atau yang sering disebut juga dengan junk mail, adalah suatu bentuk tulisan yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (e-mail), Instant Messaging, Usenet, Newsgroup, Blog, dll. SPAM tidak diinginkan oleh pengguna komputer karena SPAM biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Biasanya, SPAM akan dirasa mengganggu apabila jumlah email atau lainnya dikirim dalam jumlah yang banyak / besar.

SPAM biasanya memiliki beberapa hal-hal yang tidak kita inginkan.

  1. Waktu kita akan terbuang untuk menghapus SPAM-SPAM yang ada di e-mail atau komentar blog kita.
  2. Sering sekali SPAM yang kita baca akan menjalankan/mengaktifkan virus/trojan di dalamnya. Bisa jadi kita dengan membuka e-mail SPAM tersebut kita malah mengirim SPAM ke teman kita tanpa kita ketahui. Wah.!! bisa jadi gawat..
  3. Biasanya virus dalam spam mengirim tidak tanggung-tanggung, mungkin sekali kirim bisa 1000 e-mail, dan tentunya ini sangat merugikan kita dan juga orang lain.

Cara Kerja Spam

Menurut beberapa sumber sih biasanya para Spammers (Julukan bagi orang yang suka ngirim SPAM) menggunakan mail server orang lain. Selain itu para Spammers ini mengirim e-mail juga bisa tanpa e-mailnya sendiri, misalkan saya memiliki email saya@saya.com, tetapi dengan program simpel dari php yang saya buat saya mengirimkan email tanpa harus login ke email saya, saya tinggal buka halaman PHP saya kemudian saya kirimkan email ke teman saya dengan pengirim dia@dia.com menuju oke@oke.com, Tapi beberapa mail server sudah memfilter e-mail – e-mail yang masuk, dan jika salah maka akan masuk ke halaman Bulk.

Mengirim e-mail menggunakan alamat e-mail seperti diatas, sangat dimungkinkan karena protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang digunakan dalam pertukaran e-mail tidak pernah memverifikasi alamat e-mail dengan alamat IP-nya. Artinya, orang bebas mengirim e-mail dari manapun (dari alamat IP apapun) dengan menggunakan alamat e-mail siapapun.

Pencegahan Terhadap Spam

Pada dasarnya SPAM tidak dapat kita hapus, tetapi ada beberapa cara yang dapat mengatasi masuknya SPAM. Sampai saat ini,belum ada satupun cara untuk menghilangkan SPAM, yang ada adalah mengurangi SPAM. Cara yang banyak digunakan saat ini adalah mengotomatisasikan proses pemilahan antara e-mail SPAM dan yang bukan SPAM dengan menerapkan teknologi filter.
Adapun hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi SPAM adalah :

  1. Jika mungkin, gunakan e-mail lain (selain e-mail untuk bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk hal-hal di luar bisnis, misalnya mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari mailing list untuk melancarkan aksinya.
  2. Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC. Kebanyakan SPAM pada saat ini yang mengandung virus atau Trojan yang dapat menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya, program Trojan tadi digunakan untuk menyebarkan e-mail SPAM ke alamat lain yang tercantum pada address book.
  3. Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail. Cara ini untuk memastikan bahwa e-mail server kita tidak dijadikan sasaran untuk tempat transit e-mail SPAM. Untuk mengetahui apakah mail server kita menerima relay dapat dicek melalui www.abuse.net/relay
  4. Gunakan fitur dalam program e-mail yang dapat mengelompokkan e-mail. Program e-mail seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan e-mail seperti mengelompokkan e-mail dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan ini, walau tidak mengurangi SPAM sama sekali, kita dapat melakukan prioritas dalam membaca e-mail, dan e-mail yang penting tersebut tidak tercampur baur dengan SPAM e-mail.

diadopsi dari pelbagai sumber : tjoep18, wiznu.

3 thoughts on “Apa itu Spam ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s