Kelebihan dan Kekurangan WordPress dan Blogspot


Masih bingung soal mau ngeblog dimana??, barusan aku udah dapet beberapa referensi tentang perbedaan penyedia blog gratis yaitu wordpress dan blogspot. Kalo dilihat memang tampak beberapa kelebihan dan kekurangannya. Baik, sekarang saatnya saya jelaskan kelebihan maupun kekurangannya satu persatu.

Blogspot

  1. Blogspot memiliki kelebihan untuk memodifikasi template, selain itu juga tersedia ratusan bahkan ribuan template gratis.
  2. Dapat meletakkan script javascript sehingga kita bebas berkreasi untuk mempercantik blog kita. – Karena kita dapat meletakkan javascript di blog kita, sehingga kita dapat menaruh iklan seperti adsense dan lainnya. – Javascript pada blog banyak sekali gunanya, mulai dari animasi, alert pada saat masuk, checking apakah kita melihat konten flash/silverlight, jam digital, dan masih banyak lagi.
  3. Blogspot sangat cocok untuk orang yang berimajinasi tinggi, atau sekedar ingin meng-upload karya-karyanya di blog.
  4. Beberapa kelemahan blogspot yaitu pengaturan komentar yang agak nggak user friendly.

WordPress

  1. WordPress secara default sudah memiliki banyak template, untuk versi baru wordpress, jika kita ingin mengganti (customize) CSS (cascading style sheet), kita perlu membeli CSS upgrader. Jadi kita ndak bebas buat mengedit template, kecuali kita bikin hosting sendiri tetapi menggunakan engine dari wordpress.
  2. Kita tidak dapat meletakkan javascript pada web kita pada blog kita.
  3. Sulit diandalkan buat cari duit, karena tidak bisa meletakkan javascript.
  4. Komentar pada wordpress biasanya sangat user friendly. Terlebih kita dapat menampilkan foto orang-orang yang memberi kita komentar.
  5. WordPress dapat mengimport tulisan dari banyak blog, tetapi blogspot tidak bisa. – Kita dapat menambah widget, widget digunakan untuk merubah sidebar. Widget yang disediakan juga banyak, dengan mudah kita dapat menghapus dan menambahkan widget.
  6. Ada fitur statistik blog, misal kita ingin tahu apakah semakin hari posting kita semakin hari apakah semakin bertambah ataukah menurun.
  7. Selain fitur statistik blog masih banyak fiturnya. Dibandingkan 2 kelebihan itu saya rasa saya lebih memilih wordpress ketimbang blogspot/blogger, karena control panelnya sangat user friendly, ya walaupun saya ndak bebas memilih tema.. T.T *hiks…*

Tapi pilihannya ada di kamu bagi yang ingin ngeblog secara gratis, tapi kalo pengen semua fitur itu ada di kamu, ya tinggal beli domain sama hostingannya. Tapi kalo lagi ndak punya duit kayak aku, ya pake domain co.cc dan hostingannya 000webhost.com. Kedengerannya 000webhost udah nyediain tool buat bikin CMS (baca: Content Management System) kayak Joomla, Drupal, WordPress, dan masih buanyak lagi..

Oh iya hampir kelupaan, kelebihan wordpress kita dapat mendowload engine tersebut trus kita taruh deh di file lokal kita (localhost) nah kalo ada ide tinggal posting di situ ntar kalo lagi ngenet tinggal di export deh.. beres kan..???😛

10 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan WordPress dan Blogspot

  1. Ping balik: Menambahkan/mengupload file flash (*.swf) ke dalam postingan wordpress « [ another flash and another technologies blog ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s